9 Antivirus Terbaik 2017 yang Bisa Dicoba

Agar komputer/Laptop/Notebook aman dari bahaya virus diwajibkan untuk mengunduh (download) dan memasang antivirus.


Hal ini upaya untuk mencegah virus masuk ke dalam komputer karena di internet sudah bertebaran banyak virus seperti trojan yang dapat mengakibatkan komputer menjadi kurang stabil.


Banyak orang setelah menginstall ulang operasi sistem (OS) windows 7 (professional, ultimate, dll), windows 8 ,10, dst, langsung browsing kesana-kemari tanpa terlebih dahulu menginstall ulang antivirus kembali.


Dengan begitu akan mengakibatkan komputer dalam keadaan bahaya karena telah mengijinkan virus masuk secara diam-diam ke komputer.


 Antivirus terbaik saat ini yang bisa dicoba


Untuk mengantisipasi hal tersebut, diharuskan untuk menyalakan firewall bawaan windows yang sudah disediakan oleh microsoft. Microsoft menyarankan ini untuk upaya membuat tembok (penghalang) agar virus-virus yang bertebaran di internet susah melewati dan masuk ke komputer kita.


Namun sayangnya firewall hanya dikhususkan untuk internet, jika seandainya saat teman kita copy tugas ataupun data di komputer kita dengan menggunakan flashdisk ataupun hardisk eksternal yang terjangkit virus bisa saja komputer kita tertular virus.


Untuk mengantisipasinya diharuskan untuk memasang antivirus baik itu yang gratis maupun berbayar. Sudah ada banyak perusahaan di dunia yang membuat antivirus untuk menangani virus jika komputer kita terjangkit.


Bagi yang sedang mencari dan menanyakan "antivirus yang terbaik itu apa?" bisa dilihat di artikel ini karena ada 9 antivirus yang akan direkomendasikan berdasarkan review (ulasan) maupun survei.


Antivirus-antivirus dibawah ini ada yang gratis (free), dan ada juga yang berbayar yang bisa di unduh (download) di situs resminya.


Berbayar dan gratis keduanya memiliki fitur yang sama namun ada fitur tambahan untuk pengguna berbayar yang dapat meningkatkan keamanan komputer.


Beberapa antivirus ini juga bisa dipasang untuk pengguna HP, karena beberapa antivirus ini sudah membuat versi HP.

Berikut ini rekomendasi antivirus terbaik di dunia yang saat ini bisa dicoba



Bitdefender Total Security



 Antivirus terbaik saat ini yang bisa dicoba - Bitdefender Total Security

Bitdefender merupakan antivirus yang dapat mematikan virus malware dengan kinerja yang bagus dalam tes yang dijalankan laboratorium independen.


Antivirus ini bisa dijalan untuk sistem operasi baik itu windows maupun Mac os. Selain itu antivirus ini juga tersedia untuk android.


Bitdefender yang sekarang dapat melindungi pengguna dari ransomware, sebuah virus yang sedang heboh karena virus ini dapat encrypt file (mengubah file menjadi kode-kode) jika file nya ingin di decrypt (dikembalikan seperti semula) korban harus menebus dengan uang yang sudah tertera di dekstop ketika virus ini menyebar.


Kaspersky Lab Anti-Virus



 Antivirus terbaik saat ini yang bisa dicoba - Kaspersky

Kaspersky juga dapat melindungi pengguna-nya dari ransomware, hanya saja antivirus ini agak memperlambat kinerja PC karena kinerja Kaspersky yang sangat ketat utnuk melindungi pengguna-nya dari bahaya.


Keamanan yang disajikan Kapersky sangat memuaskan, beberapa diantaranya adalah Kapersky dapat memeriksa pesan email untuk memastikan pesan tersebut tidak terjangkit virus, Kapersky juga dapat memblokir situs phising agar pengguna-nya tidak masuk ke dalam situs yang sudah di tandai bahaya oleh Kapersky.


Selain itu Kapersky menyediakan gaming mode, dimana kinerja PC dioptimalkan agar tidak patah-patah dan tidak berat saat pengguna sedang bermain game PC.

Symantec Norton Security



 Antivirus terbaik saat ini yang bisa dicoba - Norton

Sama seperti Bitdefender, antivirus Norton dapat dijalankan di sistem operasi Mac os, dan juga HP android baik itu jellybean, kitkat, dst.


Sayangnya Norton dapat mengurangi kinerja PC karena antivirus ini sangat memakan RAM untuk melindungi pengguna dari bahaya virus.


Tapi untuk masalah kualitas Norton adalah jagonya, jika pengguna ingin memeriksa virus (scan virus) di komputer Norton akan bekerja sangat cepat dan tidak memakan waktu banyak.


Norton juga dapat menjaga identitas pengguna dengan firewall yang sudah disediakan, beberapa tambahan fitur lainnya pun seperti PC tune-up yang dapat meningkatkan kinerja komputer/laptop/notebook agar lebih ringan dan bersih dari file yang tak terpakai.

Avira Antivirus



 Antivirus terbaik saat ini yang bisa dicoba - Avira

Avira salah satu antivirus ringan yang bisa digunakan, kekurangan dari antivirus ini adalah saat ingin memeriksa komputer dari virus (scanning komputer), Avira agak lama kinerja-nya.


Tapi jangan kawatir karena Avira cepat tanggap jika ada virus yang masuk melalu flashdisk, maupun Hardisk eksternal.


Avira juga cepat tanggap ketika pengguna mendapatkan pesan email yang berisikan virus. Avira juga melindungi pengguna dari situs-situs yang terdapat virus malware.

Trend Micro Antivirus



 Antivirus terbaik saat ini yang bisa dicoba - Trend Micro

Trend micro merupakan antivirus yang sangat sensitif sekali terhadap virus, jika di komputer terdeteksi virus antvirus ini langsung cepat tanggap tanpa di karantina.


Antivirus ini juga bekinerja baik terhadap virus-virus yang melewati USB baik itu flashdisk maupun Hardisk eksternal.


Trend micro juga sangat melindungi penguna dari bahaya phising maupun virus yang masuk dari internet. Sayanynya Trend micro tidak ada fitur untuk game mode, yang dapat memaksimalkan kinerja PC saat bermain game yang berat.

Avast Antivirus



 Antivirus terbaik saat ini yang bisa dicoba - Avast

Avast sangat bekerja dengan baik, antivirus ini saat scanning (memeriksa virus di komputer) kinerjanya sangat cepat. Antivirus ini juga sangat ringan yang tidak memakan RAM banyak.


Avast agak berisik, ketika ada virus di komputer avast akan mengeluarkan suara peringatan yang bikin pengguna melihat peringatan tersebut dan ingin segera ingin menghapus virus yang sudah ditandai oleh avast.


Avast juga melindungi pengguna dari SPAM maupun phising. Antivirus ini juga melindungi dari DNS hjacking menyarankan pengguna. DNS hjacking sangat bebahaya, ini dapat mengarahkan kamu dari situs asli ke situs palsu.


Misalkan kamu ingin mengecek saldo kamu di internet banking, dengan menggunakan DNS hjacking situs bank yang seharusnya resmi untuk login internet banking akan diarahkan ke situs palsu yang bukan situs resmi, dengan begitu pelaku akan tahu password dari internet banking kamu.


Avast juga ada game mode yang dapat meningkatkan kinerja PC menjadi ringan.

AVG antivirus



 Antivirus terbaik saat ini yang bisa dicoba - AVG

AVG antivirus tersedia untuk pengguna Windows, dan Mac OS, dan pengguna android. AVG sangat ringan seperti avira.


AVG dapat melindungi malware dari pengguna, namun sayangnya AVG tidak menghapus malware tersebut seperit antivirus lain melainkan hanya karantina saja, untuk menghapusnya pengguna harus melihat ke karantina di dalam AVG.


Namun AVG juga memliki kelebihan dengan fitur Anti-Rootkit.dan juga link scanner yang akan mencegah pengguna dari situs berbahaya dan situs yang menyisipkan pop-under.

Qihoo 360


 Antivirus terbaik saat ini yang bisa dicoba - Qihoo 360

Qihoo 360 Total Security melindungi pengguna dari browser scam, antivirus ini sangat ringan seperti Avira. Qihoo 360 juga melindungi pengguna dari aksi peretasan cam web dan dapat meningkatkan kinerja PC dengan sistem membuang file-fiel yang sudah tidak dipakai.


Qihoo 360 memiliki database untuk sampel virus yang lumayan banyak, antivirus ini ketika scanning bekerja dengan cepat.


ESET NOD32



 Antivirus terbaik saat ini yang bisa dicoba - ESET NOD32

Eset NOD32 bekerja dengan baik untuk melindungi pengguna-nya dari email yang terjangkit virus dan virus lainnya yang disisipi di lampiran si pengirim.


ESET NOD32 bekerja baik juga dalam scanning USB yang dapat mencegah virus dari Hardisk eksternal maupun flashdisk


Terkadang kinerja Eset pada windows 10 ketika menginstall aplikasi atau menyalin file entah kenapa komputer berjalan agak lambat dari biasanya. Tapi untuk keamanan yang disajikan ESET NOD32 benar-benar terjamin.


Itulah antivirus terbaik yang bisa dicoba, untuk antivirus lokal (indonesia) cobalah SMADAV, karena sampai saat ini antivirus tersebut kinerja nya baik.

Selamat memilih~


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url