Cara Mengatasi Error Binary is Not a Supported Character Set Aegisub

Aegisub merupakan salah satu software aplikasi subtitle gratis yang dapat membantu untuk membuat terjemahan pada sebuah film.


Dengan memakai Aegisub, pengguna Aegisub dapat menempatkan subtitle dengan mudah tanpa perlu ribet lagi karena ada banyak fitur keren di Aegisub, seperti timing yang dapat mengatur terjemahan agar sinkron dengan dialog pada film, memasukan efek-efek seperti karaoke, mendekorasi teks terjemahan, dsb.

Cara mengatasi Error "binary is not a supported character set" Aegisub - How to fix


Saat menggunakan Aegisub, jika pernah melihat pesan error "binary is not a supported character set" saat ketika membuka subtitle yang sudah diterjemahkan di aegisub jangan terlalu panik karena ada cara mengatasinya agar dapat file terjemahan yang disimpan sebelumnya bisa digunakan kembali.


Cara ini jarang ada yang membagikannya namun ada salah satu user youtube yang telah mengalami dan membagikan cara iuntuk mengatasi ini secara gratis.


Caranya cukup mudah, hanya tinggal pergi ke data autosave maka data yang sebelumnya disimpan otomatis akan tertera disitu dan dapat digunakan kembali.

Ilustrasi


Saya sendiri juga pernah mengalami hal ini, jadi pesan ini saya dapatkan ketika saya sedang iseng-iseng meneterjemahkan video musik dari salah satu user youtube yang suara-nya bagus sekali, tujuannya agar saya dapat memahami lebih dalam mengenai lagu yang dimakan oleh user tersebut.


Jadi waktu itu ketika saya sudah selesai meneterjemahkan video musik untuk keperluan pribadi, tinggal mengatur timing agar terjemahan dan suara yang dilontarkan oleh video musik tersebut sinkron.


Setelah beberapa saat setelah saya mengatur timing, tiba-tiba komputer saya kena blue screen, dan otomatis restart.


Setelah berhasil menyala dan muncul tampilan dekstop, saya mencoba untuk melanjutkan pekerjaan  iseng-iseng untuk meneterjemahkan video musik.


Namun ketika saya mencoba membuka kembali file yang sudah saya sub tadi tiba-tiba saya mendapatkan pesan  Error "binary is not a supported character set" pada aegisub saya.


Otomatis waktu itu saya terkejut karena subtitle yang sudah saya kerjakan capak-capek hilang seketika.


Untung saja ketika saya cari di Google ada tutorial cara mengatasi Aegisub yang memunculkan pesan error di atas.


Bagi yang ingin mencoba cara ini,

Berikut ini cara mengatasinya:


  1. Carilah folder autosave di C:/Windows/users/(Nama user kamu)/AppData/Roaming/Aegisub/Autosave
  2. Jika sudah masuk ke folder Autosave, carilah file subtitle yang sebelumnya error


Jika masih belum mengerti silahkan lihat tutorial caranya melalui video di bawah ini.



Semoga cara di atas bekerja, cara di atas hanya bisa di Windows 7. Untuk Windows 8 ke atas bisa juga menggunakan cara di atas akan tetapi letak folder autosave-nya dicari sendiri karena ada perbedaan sedikit letak folder Autosave-nya.


Itulah cara mengatasinya, semoga artikel ini bermanfaat.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url