Cara Membuat Kuesioner Online untuk Penelitian Secara Cepat

Dijaman ini bisa dibilang dalam pembuatan dan pengisian kuesioner untuk penelitian sudah banyak bergeser menjadi online.


Selain memudahkan dalam mengumpulkan responden hal ini juga dapat mudah diakses dimanapun dan kapanpun.


Online maupun Offline masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.


Jika memilih online maka hal yang harus diperhatikan adalah membagikan kuesioner kepada responden yang tertarget serta tempat dan bagaimana cara membuat kuesioner secara Online.


Untuk responden yang tertarget, disarankan dibagikan di media sosial lalu bergabung dengan grup-grup media sosial yang tertarget, sedangkan untuk pembuatan kuesioner online ada beberapa situs yang menyediakan hal ini.


Tempat media sosial yang populer saat ini di Indonesia adalah Facebook, dan Twitter. jika ingin mencari responden Indonesia yang tertarget silahkan daftar media sosial tersebut lalu carilah grup-grup yang sesuai dengan penilitan.


Sedangkan situs terbaik untuk membuat kuesioner online adalah Google Form (Google Formulir), salah satu produk yang dibuat Google.


Google Formulir terbaik karena selain gratis, di sana memiliki fitur yang lengkap untuk membuat kuesioner online.


Bagaimana cara membuatnya?


Hal yang harus diperhatikan ketika membuat ini adalah wajib memiliki akun email Google (Gmail), jika tidak memiliki akun gmail silahkan daftar gmail terlebih dahulu.

Lalu berikut ini cara membuatnya:



  1. Login akun gmail di: gmail.com
  2. Setelah gmail login sekarang masuk ke: drive.google.com
  3. Lihat di bagian kiri, klik New, pilih More lalu pilih Google Forms

Itulah bagaimana cara membuat kuesioner secara online. Jika ingin mengetahui cara menghiasi serta bagaimana fungsi-fungsi dari Google Forms ini untuk kuesioner.

Berikut ini fungsi serta menghiasi Google Forms:



  • Untitled Form pada no.1 dan no.2 gantilah dengan judul kuisioner sesuai keinginan
  • Pada no.3 gantilah dengan deskripsi secara jelas tentang kuisoner yang sedang dibuat
Pada bagian bawah setiap ingin memberikan pertanyaan maka akan ada menu dibawahnya.


  • Pada ikon di pojok kiri itu adalah duplikat pertanyaan jika ingin memberikan pertanyaan yang sama
  • Ikon tong sampah untuk menghapus jika ada kesalahan
  • Required: hal ini penting dalam membuat kuesioner. Jika tandanya seperti di gambar, ke kanan, maka responden harus wajib mengisi pertanyaan karena kalau tidak diisi maka nanti akan tanda merah yang memperingatkan untuk segera dihisi dengan baik
Lalu dibagian samping ada menu fixed (melayang-melayang)


  • Pada bagian paling atas, itu adalah menu untuk menambahkan pertanyaan, jadi setiap ingin memberi pertanyaan maka diwajibkan untuk menekan tombol tersebut
  • Pada bagian kedua, itu merupakan keterangan judul dan deskripsi. Misalkan ingin membuat pertanyaan mengenai Identitas, dengan adanya ini kita dapat memberikan keterangan judul dan deskripsi mengapa kuisoner tersebut diharuskan mengisi identitas seseorang baik itu dari usia, pekerjaan, dsb.
  • Pada bagian ketiga, menu ini diperuntukan untuk menyisipkan gambar. Hal ini berguna untuk kuesioner yang memakai infographic (informasi yang diberikan melalui gambar), jadi dengan adanya ini kuesioner juga akan mengisi karena mendapatkan infographic
  • Pada bagian keempat, menu yang diperuntukan untuk menyisipkan video, jadi jika ada intro ataupun keterangan video bisa menyisipkan dalam kuesioner ini
  • Pada bagian terakhir, itu adalah menu yang diperuntukan untuk membuat halaman baru. Misalkan pertanyaan untuk responden terlalu banyak, jika dalam satu halaman saja hal ini dapat membuat responden scroll ke bawah, agar tidak terjadinya hal tersebut maka menu ini dapat digunakan


Lanjut ke bawah

Ada beberapa pilihan pertanyaan di Google Forms ini diantaranya:

Short Answer


Digunakan untuk sebuah pertanyaan singkat seperti nama, usia, dsb.


  • Pilih no.1 untuk memilih Short Answer
  • Lalu ubah no.2 dengan pertanyaan

Paragraph


Biasanya digunakan untuk memberi masukan, opini, ataupun kritikan, dsb., dengan memilih ini maka responden bisa menjawab panjang dan leluasa.


  • Klik Paragraph (no.1)
  • Lalu ubahlah no.2 dengan pertanyaan

Multiple Choice


Digunakan untuk pertanyaan yang memberikan pilihan, misalkan Jenis Kelamin: laki-laki, perempuan, lain-lain.


  • Pilihlah no.1 untuk pertanyaan pilihan
  • No.2 gantilah dengan pertanyaan
  • No.3 Gantilah dengan jawaban pilihan
  • Untuk memberikan tambahan jawaban, klik No.4, lebih tepatnya add option sedangkan add "other" dikhususkan jika pertanyaan memberikan jawaban pilihan yang banyak, untuk mempersempit waktu serta mempersempit jawaban yang diinginkan maka pilihlah add "other", jika kuesioner ini sudah jadi maka hasilnya pada jawaban ini adalah lain-lain. Misalkan pertanyaan mengenai Pekerjaan: Karyawan swasta, PNS, lain-lain.

Checkboxes


Digunakan untuk pertanyaan yang dapat menjawab lebih dari satu, misalkan mengenai hobi yang disukai: Bermain game, mendengarkan musik, olahraga, menulis. Responden bisa menjawab lebih dari satu.


Jika kuesioner telah jadi, dan memilih pertanyaan ini maka jawaban yang ditunjukan pada responden adalah centang salah satu ataupun lebih dari satu dari pertanyaan kuesioner.


  • Pilihlah Checkbox seperti yang ditunjukan pada no.1
  • Ubalah dengan pertanyaan pada no.2
  • Isilah jawaban pilihan di no.3
  • Untuk menambahkan jawaban pilihan klik add option di no.4, sedangkan add "other" adalah jika ingin memberikan pilihan jawaban kepada responden lain-lain

Drop-down


Sama halnya dengan Multiple Choice, dimana responden diberikan jawab pilihan dan hanya diperbolehkan memilih satu. Perbedaannya adalah pada struktur desain serta cara pemilihannya.


Jika Multiple Choice struktur desain-nya gamblang ke bawah, artinya tanpa perlu klik responden bisa memilih jawaban yang tersedia, sedangkan Drop-down responden struktur desainnya tidak gamblang ke bawah, jadi responden diharuskan klik agar jawaban yang lainnya dapat terlihat.


  • Cara mengaturnya sama seperti Multiple Choice, perbedaannya adalah di sini tidak ada jawaban pilihan "lain-lain"

Linear Scale


Linear Scale digunakan untuk mengetahui nilai yang diberikan oleh responden. Misalkan " Berikan apakah artikel ini bermanfaat buat anda" nanti akan ada pilihan dari 1 sampai 10.


  • Pilhlah no.1 untuk Linear Scale
  • Isilah pertanyaan pada no.2
  • Pada no.3 berikan batas minimal serta batas maksimal pada nilai yang akan ditunjukan kepada responden, misalkan 1-5
  • Pada no.4, di label (option) no.1 tuliskan reaksi jawaban responden jika responden memilih nilai terendah, sedangkan label (option) no.5 adalah nilai tertinggi. Jika kuesioner jadi maka nanti hasilnya seperti ini: Mengecewakan 1 2 3 4 5 Sangat Bermanfaat

Multiple-choice Grid


Ditunjukan jika pertanyaan juga memiliki jawaban pilihan. Hampir sama seperti Multiple Choice dimana responden diberikan pilihan jawaban, perbedaannya adalah jawaban yang diberikan pada responden ini akan berbentuk tabel


Jadi nanti akan ada kolom dan baris pertanyaan lalu responden akan memilih jawaban di dalam tabel yang berbentuk kolom serta baris juga.



  • Klik Multiple-choice grid seperti yang terlihat di no.1
  • Pada no.2 gantilah dengan pertanyaan
  • Pada no.3 isilah pilihan bantuan jawaban serta jawaban yang harus dipilih responden

Date


Biasanya ditunjukan untuk pertanyaan mengenai tanggal lahir ataupun yang beriakitan dengan tanggal seperti "kapan anda mulai mengenal Betikom?"


  • Pilihlah Date
  • Pada no.2 gantilah dengan pertanyaan
  • Pada no.3 tidak usah diapa-apain, itu hanya sebagai sampel

Time


Ditunjukan untuk pertanyaan yang bersifat waktu


  • Pilih Time
  • Sama seperti Date no.3 tidak usah di apa-apain itu hanya sampel
Sekarang saatnya untuk menghiasi kuesioner-nya, bagi yang masih belum jelas dengan penjelasan di atas, bisa diikuti: Cara membuat Kuesoiner Online versi gambar bergerak.


Silahkan lihat versi gambar bergeraknya karena di sana merupakan contoh saya yang membuat kuisioner serta cara mendesain agar terlihat menarik ketika responden melihat kuesioner saya.


Setelah mendesain dan membuat kuesioner sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah ....

Bagaimana cara membuat kuesioner yang dibatasi?


Untuk membuat kuesioner yang dibatasi bisa dilihat: Cara Membuat Kuesioner dibatasi dan limit


Jadi misalkan, kita hanya ingin mendapatkan 100 responden saja, jika lebih dari itu maka kuesioner ditutup secara otomatis.


Atau ingin membatasi waktu, jadi misalkan kuesioner hanya valid pada waktu tertentu maka cobalah cara yang telah diberitahu di atas.


Untuk membuat repsonden hanya satu kali submit aja pun juga ada caranya.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url