Cara Mengetik 10 Jari Cepat Tanpa Melihat Keyboard untuk Pemula

Mengetik sepuluh jari merupakan salah satu proses belajar dasar komputer yang wajib dikuasai, karena dengan menguasai 10 jari apalagi jika tanpa melihat keyboard kita dapat dengan mudahnya mengoperasikan komputer dengan baik.


Pada dasarkan kegiatan mengetik merupakan kegiatan sehari-hari ketika mengoperasikan komputer, jika orang tersebut tidak menguasai 10 jari maka hal tersebut akan memperlambat saat mengoperasikan komputer.


Seperti yang diketahui sekarang komputer/Laptop alat teknologi yang sudah digunakan dimana saja.


Di dunia kerja sekarang banyak yang menggunakan Komputer, sekolah dari SD hingga sampai perguruan tinggi pun juga telah menggunakan Komputer sebagai bagian baik untuk pelajaran maupun untuk tugas.


Untuk itu disarankan setidaknya menguasai ilmu Komputer dasarnya saja, salah satu dasarnya adalah mengetik sepuluh jari tanpa melihat keyboard yang sering dikeluhkan pemula ketika ingin mempelajari ilmu komputer.


Di artikel ini akan memberikan beberapa tips bagaimana cara kita dapat menguasai dengan cepat mengetik sepuluh jari tanpa melihat keyboard.

Berikut ini beberapa tips untuk menguasai mengeti dalam 10 jari:


Dengan Niat

Cara Mengetik 10 Jari Cepat dengan Niat

Harus diawali dengan niat terlebih dahulu untuk menguasai mengetik dalam sepuluh jari karena jika tidak diawali dengan niat maka biasanya ogah-ogahan (menunda-nunda) dan akhirnya akan memperlambat belajar.

Mengetahui letak huruf dengan cepat


menghafal letak huruf

Setelah niat untuk belajar, hal yang pertama yang harus dikuasai dalam hal ini adalah mengetahui letak huruf, ingat yah ... huruf.


Jadi abaikan saja terlebih dahulu nomor atau simbol-simbol yang ada di keyboard karena hal dasar dalam mengetik kalimat maupun kata per kata dalam tahap belajar adalah letak huruf, enter, tombol menghapus huruf (delete), dan Spasi.


Dalam pembelajaran ini tidak apa-apa menggunakan dua jari, satu jari pun juga tidak masalah, jangan terlalu berpaku dalam berpikir "saya harus bisa menggunakan sepuluh jari".


Jika berpikiran seperti itu maka dapat memperlambat untuk menghafal letak huruf. Ikuti saja arus, dengan perlahan-lahan mengikuti tips di bawah, nanti otak kita akan dengan sendirinya menghafal letak hurufnya.

Bagaimana cara menghafal letak huruf dengan yang cepat?

Untuk menghafal cepat, harus dengan action. Jadi jangan berpaku dalam teori saja namun harus Action.


Action, maksudnya? proses belajar yang dipraktrekan secara langsung setelah mendapatkan teori.


Jadi setelah teori dapat dimana letak hurufnya, lalu bergegaslah ke komputer/laptop untuk mengetik kalimat yang ada di buku.


Teruslah mengetik dan teruslah diasah, saat belajar jangan berpatokan untuk dapat menggunakan 10 jari, bebas menggunakan satu jari maupun dua jari.


Ikuti saja arusnya, dan jangan lupa menggunakan perasan hingga sampai otak kita dengan sendirinya mengetahui letak hurufnya tanpa harus menghafal, dalam hal ini yang terpenting adalah dapat menghafal dengan sendirinya.


Otak kita akan mengikuti arus hingga sampai dia hafal dengan sendiri, seperti belajar motor ataupun sepeda roda dua dimana kita harus praktek dan praktek setelah mengetahui teori dari teman ataupun orang tua untuk dapat tidak jatuh dari sepeda maupun motor.


Setelah diasah nanti otak kita akan bekerja dengan sendirinya dan menghafal bagaimana mengimbangi agar kita tidak jatuh saat naik sepeda maupun naik motor.


Jika dirasa sudah hafal, sekarang ke tahap selanjutnya.

Mengetik dengan beberapa jari


Setelah menghafal letak huruf, enter, delete dan spasi sekarang tahap selanjutnya untuk pembelajaran ini adalah mengetik dengan beberapa jari.


Ingat yah, beberapa jari. Misalkan kita sekarang ini selalu menggunakan satu jari maka tahap selanjutnya gunakan dua jari dengan tangan yang berbeda, begitupun seterusnya, namun yang perlu diwajibkan ketika mengetik bebrapa jari adalah letak jempol yang harus di spasi.


Hal ini agar nyaman ketika mengetik 10 jari, dan ini juga dianjurkan, berikut ini gambarnya:

Mengetik 10 Jari Cepat Tanpa Melihat Keyboard untuk Pemula

Apakah jari-jari yang lain harus sesuai dengan yang dianjurkan pada gambar di atas?

Bebas, bisa iya bisa juga tidak, tergantung dari masing-masing. Jika misalkan letak jari-jari di atas tidak berasa nyaman lebih baik jangan menggunakannya.


Lebih baik letakan dimana saja, yang dirasa nyaman. Saya sendiri juga tidak mengikuti gambar di atas yang penting nyaman ketika mengetik sepuluh jari dan yang terpenting jempol berada di spasi.


Lalu asah, dan asahlah, dalam hal ini lebih baik mata tertuju pada keyboard dan monitor.


Mencoba tanpa melihat keyboard

Tanpa melihat keyboard

Setelah berhasil menguasai mengetik sepuluh jari dengan mata yang tertuju keyboard dan monitor sekarang cobalah untuk tidak menatap keyboard, yang artinya mata tertuju pada monitor saja.


Namun jangan langsung mencobanya, cobalah perlahan-lahan. Misalkan mencoba hanya dalam satu kalimat saja, lalu jika gagal, coba lagi dan lagi. Jika berhasil, tahap selanjutnya dua kalimat, dst.


Jika sudah terbiasa diusahakan diterapkan pada chatting ataupun game online yang ada chat nya.

Itulah beberapa tips cara mengetik sepuluh jari dengan cepat tanpa melihat Keyboard, semoga tips ini benar-benar bermanfaat saat mencoba menguasai 10 jari dalam mengetik.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url