Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop Komputer Ampuh

Flashdisk seringkali digunakan untuk mem-backup file penting serta digunakan untuk bertukar data, namun apa jadinya jika saat dicolokan ke komputer/laptop tiba-tiba flashdisk tidak terbaca.


Ada beberapa kemungkinan Flashdisk tidak terbaca diantaranya karena kena virus, secara fisik flashdisknya memang rusak, atau karena pengaturan di komputer/laptop.


Saat menghadapi Flahsdisk tidak terbaca sebaiknya jangan kaget dan panik, karena bisa saja flashdisk tersebut pulih kembali ketika diperbaiki seperti ketika: cara memperbaiki hardisk internal tidak terbaca setelah install windows.


Lalu bagaimana cara memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca? sebenarnya caranya kurang lebih sama dengan: cara memperbaiki Hardisk Eksternal minta format dan tidak terbaca.


Namun ada beberapa tambahan yang bisa dilakukan jika tidak bisa menggunakan cara seperti ketika Hardisk Eksternal tidak terbaca dan minta format.

Berikut ini caranya:

  • Restart komputer/laptop, lalu di saat laptop/komputer ingin mati cabut Flashdisk dari port (lubang) komputer/laptop/notebook. Setelah itu pasang Flashdisk di lubang yang lain, ingat harus lubang yang lain.

Jika masih tidak bisa, coba di scan Flashdisk-nya dengan via CMD.

Berikut ini cara via CMD:


  1. Cek terlebih dahulu Flashdisk-nya ada dimana letaknya, contoh-nya saya ada di F:

  2. Memperbaiki flashdisk dengan CMD run

  3. Setelah itu buka Command Prompt (CMD) dengan cara tekan tombol logo windows dan R di keyboard lalu ketik CMD. Jika ingin lebih cepat gunakan fitur pencarian dengan mengetik kata "CMD"

  4. Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca

  5. Ketik perintah  Chdsk /f F:
  6. Tunggu beberapa saat hingga sampai proses selesai
  7. Jika sudah selesai silahkan cek kembali Flashdisk-nya

F: bergaris tebal di atas merupakan tempat flashdisk saya, ganti dengan tempat flashdisk kamu.


Jika ketika di coba ada tulisan "the type of file system is RAW", cobalah untuk mengikuti tutorial: Cara memperbaiki Flashdisk yang berubah menjadi RAW.


Hal ini untuk memperbaiki agar flashdisk bisa terbaca lagi, dan dapat menyelamatkan data-data yang ada di Flashdisk, sebab biasanya jika berubah menjadi RAW Flashdisk maupun Hardisk Eksternal hanya kemungkinan kecil saja bisa terselamatkan, jika tidak terselamatkan maka untuk memperbaikinya diharuskan format.


Maka dari itu segera mungkin data-data di dalam Flashdisk diselamatkan dengan menggunakan cara seperti memperbaiki Hardisk Eksternal di atas.


Jika kendalanya adalah flashdisk minta format bisa mengikuti: cara memperbaiki flashdisk minta format terus.


Jika misalkan perintah (Chkdsk /f F:) tidak bisa atau bisa namun Flashdisk tetap tidak terbaca, kemungkinan Flahsdisk bermasalah karena virus, coba gunakan cara ini:

  1. Cek terlebih dahulu letak flashdisknya, contoh-nya saya ada di F:

  2. Perintah CMD dengan tombol logo windows + R

  3. Masuk ke CMD, caranya tekan di keyboard logo windows dan R, setelah itu ketik CMD
  4. Ketik perintah F:

  5. Memperbaiki Flashdisk tidak terbaca dengan CMD

  6. Lalu setelah itu ketik perintah attrib -s -h *.* /s /d
  7. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai
  8. Sekarang cek Flashdisk kembali

Jika masih tidak bisa juga terpaksa data-data di Flashdisk tidak terselamatkan dan harus di format, untuk format Flashdisk yang baik dan benar ketika mengalami hal ini bisa mengikut video di bawah ini.


Jika ada cara yang lebih ampuh tanpa format dari cara di atas bisa berkomentar di artikel ini, jangan ragu-ragu untuk berkomentar.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url