Cara Menghilangkan Watermark di Word: Logo Gambar serta Tulisan

Terkadang ketika menerima dokumen word yang penting maupun tidak penting, di belakang tulisan ada background gambar, logo maupun teks yang bersifat transparan.

Jika mengira ini adalah background yang terbawa hasil copy paste dari tulisan web untuk disalin ke word, hal itu adalah salah.


Karena jika mengira seperti itu, kita bisa menghilangkannya dengan mengikuti: Cara Menghilangkan Background dibelakang teks/tulisan Hasil Copy Paste di Microsoft Word.


Namun nyatanya jika menggunakan cara tersebut, bakcground transparan yang berbentuk tulisan maupun gambar ini tidak bisa hilang juga.

Lalu apa ini namanya?


Ini adalah watermark, biasanya sengaja dibuat oleh penulis untuk membuktikan dokumen asli dari penulis atau untuk mencegah adanya ngaku-ngaku milik seseorang, atau lebih tepatnya hak cipta sang penulis.


Untuk membuatnya bisa mengikuti: Cara membuat watermark di word bisa dengan logo gambar maupun tulisan yang berisfat transparan.


Lalu bagaimana untuk menghilangkan background gambar maupun tulisan di word?


Untuk menghapus watermark ini tergantung dari versi microsoft office yang dimiliki, hal ini karena ada beberapa menu yang bisa dibilang berbeda. Jadi word 2007 dan word 2013 serta word 2016 berbeda menu-nya.


Jadi sebelum memulai sebaiknya teliti terlebih dahulu, word versi berapa yang ada di komputer. Jika sudah diperiksa, bisa mengikuti cara di bawah ini:

Untuk word 2007



  1. Buka dokumen yang ada watermarknya
  2. Pilih menu Page layout, lalu klik Watermak
  3. Terakhir klik Remove Watermark

Untuk Word 2013 dan 2016



  1. Buka dokumen word yang ada watermark
  2. Di atas pilih bagian design
  3. Lalu sebelah kanan pilih Watermark
  4. Dibagian bawah klik Remove Watermark

Itulah bagaimana cara menghilangkan dan menghapus watermark pada dokumen word. Selain contoh teks di atas, ini juga berlaku untuk watermark yang berbentuk logo maupun gambar.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url