Cara Merawat Hardisk Eksternal Agar Tahan Lama

Pernahkah Anda mengalami momen ketika menancapkan hardisk ke PC tiba-tiba terdapat jendela yang memberitahukan perintah format?


Jika pernah bisa mengikuti cara: memperbaiki hardisk eksternal yang minta format.


Selain itu, pernahkah hardisk yang Anda miliki saat disambungkan ke PC menimbulkan suara klik-klik? jika pernah bisa mengikuti cara: memperbaiki bunyi krek atau klik di hardisk.


Atau tidak bisa di eject? bisa mengikuti: memperbaiki hardisk eksternal tidak bisa di eject.


Hal ini bisa jadi HDD eksternal yang Anda miliki mulai rusak. Akan lebih disayangkan jika masalah seperti ini muncul pada hardisk baru.


Karena itu, sebaiknya sedari awal Anda menerapkan cara merawat hardisk eksternal agar tahan lama dan tidak cepat rusak seperti yang diuraikan berikut ini.

Cara Merawat Hardisk Eksternal Agar Tahan Lama

Bagi Anda yang ingin agar hardisk eksternal yang dimiliki tidak cepat rusak, inilah beberapa tips perawatan yang bisa diikuti.


Menerapkan cara yang tepat ketika melepas hardisk dari PC atau laptop


Cara merawat hardisk eksternal agar tidak cepat rusak yang pertama kali ini adalah menerapkan cara yang dianjurkan ketika melepas hardisk.


Sebagai contoh, apabila telah selesai digunakan, sebaiknya gunakan fitur Save remove hardware. Selain itu, untuk keamanan maksimal, jangan sembarangan me-remove hard drive dari pc begitu hard drive terbaca atau terinstal.


Dengan menerapkan cara ini, Anda bisa meminimalisir resiko hardisk eksternal dari masalah yang diakibatkan oleh trauma fisik seperti malfungsi dan sebagainya.


Hindari penempatan hardisk eksternal di tempat yang rentan gerak


Tips berikutnya yang juga tidak boleh diabaikan adalah menempatkan hardisk drive eksternal pada tempat yang stabil. Perlu diketahui bahwa hardisk eksternal lebih fragile dari yang Anda kira.


Menempatkan HDD Anda di tempat yang rentan dengan gerakan seperti getaran atau senggolan juga akan mengakibatkan trauma fisik pada hardisk.


Jadi, sebisa mungkin tempatkan hardisk eksternal di lokasi yang aman dari ketukan, goncangan, dan sebagainya. Jika secara sengaja atau tidak sengaja terus dilakukan, data yang ada di dalamnya bisa rusak atau corrupt.

Sering bersihkan debu yang terdapat di hardisk


Sering membersihkan debu yang ada pada hardisk dapat melancarkan performa dari hardisk eksternal itu sendiri. Anda bisa terlebih dahulu membuka wadahnya lalu membersihkan bagian-bagian yang sering menjadi tempat berkumpulnya debu.


Melakukan tips ini akan membantu hardisk mendapatkan sirkulasi yang baik. Selain itu, cara ini juga berguna untuk meminimalisir resiko kerusakan akibat panas berlebihan pada hardisk.

Berhati-hati ketika melakukan defragment file yang terpecah-pecah


Terkadang, tindakan tidak sengaja bisa membuat file atau data terfragmentasi. Walaupun fragmentasi bukanlah merupakan penyebab langsung dari kerusakan pada hard drive, faktanya hal ini juga menyebabkan masalah ketika Anda ingin mencari file tertentu.


Salah satu cara merawat hardisk eksternal agar tidak cepat rusak ini perlu dilakukan agar masalah fragmentasi file yang semakin memburuk tidak menyebabkan keausan hardisk.

Perlakukan hardisk eksternal dengan benar saat digunakan maupun tidak


Sebaiknya cabut hardisk dari pc dan shut down pc tersebut. Jika tidak digunakan selama beberapa jam, Anda bisa membuat pc dalam mode hibernate.


Selain itu, sebaiknya hindarkan hardisk dari benda bermagnet atau cairan karena hal itu dapat mempengaruhi komponen mekanik dan data pada hardisk.


Ketika mencabut kabel penyambung hardisk dengan pc, usahakan untuk menarik pada bagian kepala konektornya. Dengan begitu, bagian dalam maupun luar kabel tidak akan terulur atau bahkan terputus komponennya.

Menggunakan hardisk seperlunya


Kebiasaan on-and-off pada perangkat juga bisa membuat performa hardisk turun. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memperlakukan hardisk drive dengan benar khususnya ketika digunakan.


Jika tidak digunakan, jangan membiarkan hardisk terus menancap pada pc. 7. Gunakan device yang dapat melindungi hardisk drive dari sentakan listrik.

Gunakan perangkat tambahan yang tepat untuk keamanan dan performa hardisk


Agar lebih aman dari bantingan, Anda bisa menambahkan wadah pelindung pada hardisk eksternal. Selain itu, agar performa hardisk tersebut tidak terganggu, gunakan kabel yang sesuai untuk menyambungkan hard drive dengan pc.


Jadi, ada banyak cara merawat hardisk eksternal agar tidak cepat rusak. Selain menerapkan tips tersebut, Anda juga perlu melakukan backup data secara berjangka agar data penting dalam hardisk drive tidak hilang. Semoga informasi ini bermanfaat.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url