Cara Merawat Laptop dengan Baik agar Tahan Lama

Cara merawat laptop tidak hanya bergantung dari cara membersihkan luar dalam saja. Jika Anda tidak memakai laptop dengan baik, maka laptop tersebut mau dibersihkan sesering apapun akan cepat rusak.


Merawat laptop berarti Anda harus mengetahui pemakaian yang benar untuk sebuah laptop.  Anda yang merasa sudah benar dalam memakai laptop harus mengetahui cara-cara dalam merawat laptop lewat pemakaian yang baik dan benar.


Baik Laptop asus, lenovo, acer, hp, maupun toshiba anda harus merawatnya dengan benar karena jika tidak maka umur laptop akan cepat tua.



Menerapkan kebiasaan untuk menggunakan laptop dengan baik dan benar memang tidak mudah. Karena terkadang penggunaan laptop yang buruk bukanlah kemauan kita tapi karena adanya suatu tuntutan atau keterbatasan.


Namun, Anda bisa meminimalisir dampak buruk pemakaian tersebut dengan melakukan cara merawat laptop agar tidak rusak di bawah ini:


Catatan: Ini adalah cara merawat laptop dari sisi luar (fisik) laptop, untuk membersihkan fisik laptop bisa mengikuti: Cara membersihkan Laptop yang kotor agar tahan lama.

Singkirkan makanan dan minuman jauh-jauh



Kebiasaan buruk seluruh orang di dunia adalah mengandalkan laptop untuk internet apalagi streaming berjam-jam, sambil makan dan minum dengan jarak yang dekat.


Apalagi saat main game. Jarak untuk main game biasanya lebih dekat ketimbang menonton film di laptop, karena itu makanan dan minuman otomatis juga akan mendekat.


Cara merawat laptop yang pertama lewat penggunaan yang baik dan benar adalah, jauhkan segala jenis makanan dan minuman.


Makanan kering memiliki remahan yang mungkin Anda tidak sadari, sudah mengotori dan masuk ke dalam keyboard.



Makanan basah memiliki resiko menumpahi laptop dan membuat laptop rusak. Minuman apalagi, bisa tanpa sadar membuat laptop Anda celaka dengan tidak sengaja menyenggolnya.


Hal ini sering terjadi di lingkungan kantor dimana penggunaan laptop selalu diikuti dengan minuman yang di taruh dekat dengan pekerja.

Gunakan baterai dan listrik dengan bijak



Laptop sejatinya adalah pengganti PC karena PC tidak bisa bebas dibawa kemana-mana. Karenanya penggunaan laptop yang terlalu lama tidak diperbolehkan.


Apalagi jika laptop menyala hingga dua puluh jam lebih dalam satu hari. Jangan lupa juga untuk mencabut listrik ketika baterai aktif.


Jika baterai sudah penuh, maka segera cabut listrik dan gunakanlah tenaga baterai. Untuk charging, lebih baik dilakukan ketika keadaan laptop mati.


Akan sangat baik jika laptop Anda menggunakan indikasi tertentu, misalnya jika laptop sedang di charge, maka lampu merah akan menyala.


Jika sudah penuh, lampu akan berubah menjadi putih. Dengan begitu, baterai dan laptop akan lebih sehat karena penggunaan baterai dan listrik yang bijak.

Jauhkan benda-benda yang berpotensi merusak laptop



Ternyata ada banyak benda yang berpotensi merusak laptop dan tanpa kita sadari sering dilakukan. Salah satunya adalah menaruh berbagai barang di atasnya meski hanya tumpukan kertas.


Tumpukan kertas sekalipun ringan akan memberi beban yang sedikit banyak dapat mempengaruhi kinerja LCD laptop.


Benda lain yang sering ditaruh di atas laptop adalah alat charging laptop sendiri. Sering sekali pinjam meminjam dilakukan dengan menaruh alat ini dia tas laptop.


Padahal dengan tangan telanjang pun alat ini cukup berat untuk diangkat. Apalagi jika ditumpang tindihkan ke atas laptop yang jauh lebih rapuh daripada PC.


Barang-barang lainnya adalah lapisan kain atau benda lain yang tidak memberi ruang bagi laptop untuk mendinginkan diri.


Terkadang Anda menaruhnya di dalam tas dan bepergian di hari yang panas. Sebaiknya untuk menggunakan laptop dalam kondisi tersebut harus dibiarkan dingin terlebih dahulu.


Selain itu, masih banyak yang menggunakan kasur, bantal, atau malah kaki sendiri sebagai alas untuk laptop.


Selain merusak laptop, hal tersebut tidak aman bagi kesehatan. Terutama bagi yang sering memangku laptop. Sedikit banyak laptop tetap memiliki radiasi, dan radiasi barang elektronik akan mempengaruhi tubuh Anda baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.


Masih banyak larangan dalam menggunakan laptop, seperti jangan membawa benda bermagnet ke dekat laptop dan tidak menggunakan laptop di ruangan yang panas.


Namun, yang paling penting adalah kesadaran Anda untuk melakukan kebiasaan baik dalam cara merawat laptop.


Tidak hanya satu dua kali melakukan hal tersebut, tapi lakukan setiap kali Anda menggunakan laptop.


Ingatlah untuk menjaga laptop dan merawatnya sebagai asset yang berharga. Karena seperti yang Anda tahu, harga laptop tidaklah murah.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url