Cara Membersihkan Laptop yang Kotor dengan Benar

Cara membersihkan laptop yang kotor dengan benar tentu saja bukan dengan mencucinya. Mungkin ada juga orang yang dengan serius menganggap segala pembersihan harus dilakukan melibatkan air dan sabun bahkan untuk makanan dan bahan elektronik sekalipun.


Tentu saja hal tersebut tidaklah benar. Ada banyak komponen dalam laptop yang pembersihannya perlu menggunakan alat khusus.


Tenang saja, alat ini tidaklah mahal. Jika Anda menggunakan laptop bekas, Anda dapat membeli peralatan pembersihan laptop di toko yang menyediakan aksesoris untuk laptop.


Sementara bagi yang memakai laptop baru, ada beberapa merek yang dengan murah hati memberikan bonus berupa peralatan bersih-bersih ini secara gratis.


Laptop sebagai salah satu elektronik yang cukup banyak dimiliki beberapa kalangan. Untuk orang kantoran, businessman, wiraswasta, hingga mahasiswa adalah kalangan yang paling banyak memiliki jenis barang elektronik yang satu ini.


Oleh karena itu, mengetahui bagaimana cara membersihkan laptop yang benar adalah suatu keharusan.


Berikut adalah alat-alat dan bagian yang perlu Anda bersihkan menggunakan alat-alat tersebut.

Bersihkan dengan kuas kecil



Kuas kecil ini merupakan langkah awal yang perlu diketahui. Kebanyakan orang akan memilih menggunakan tissue.


Tapi dalam instruksi jelasnya alat pembersih pertama yang harus dimiliki adalah kuas kecil. Kuas yang digunakan bukanlah kuas untuk make up ataupun melukis.


Kuas ini lebih mendekati bulu-bulu pasta gigi atau kuas cat tembok, hanya saja bagian bulu pembersih memiliki diameter yang lebih besar dan lebih lentur.


Untuk bagian yang perlu dibersihkan dengan kuas ini adalah keyboard dan layar laptop. Keyboard memiliki celah-celah yang sulit dijangkau jika dibersihkan menggunakan kain, lap, atau tissue.


Apalagi untuk tissue, akan berakibat fatal jika tissue terjepit, sobek, dan tidak bisa dikeluarkan lagi. Cara membersihkan laptop yang benar ini berlaku untuk kotoran yang masih di luar permukaan.


Jika pada selah keyboard terdapat kotoran yang masuk dan tidak bisa dijangkau, maka lebih baik dibawa ke tempat service.


Untuk membersihkan kedua bagian tersebut menggunakan kuas adalah dengan menyapunya secara satu arah. Jangan menyapunya seperti mengecat karena akan membuat debu tidak hilang sempurna.

Gunakan lap microfiber



Alat pembersih selanjutnya yang perlu dimiliki adalah kain lap microfiber. Kain ini mirip dengan kain lap pembersih untuk kacamata, hanya saja serat-seratnya lebih terlihat jarang-jarang. jika menggunakan kuas tidak sepenuhnya mengusir debu dari layar dan keyboard, maka alat yang satu ini menjadi solusi berikutnya.


Lap ini sangat halus dan tidak akan menggores case laptop ataupun layar. Karena sekarang sudah umum digunakan, harganya pun sangat murah. Anda dapat membelinya di toko yang menjual peralatan pembersih dan aksesoris laptop.


Cara membersihkan laptop yang benar dengan menggunakan alat yang satu ini adalah dengan mengusapnya tanpa ditekan. Usap perlahan ke satu arah. Berhati-hati ketika membersihkan keyboard karena jika tertekan terlalu lama akan merusak sistem pada keyboard. Untuk layar juga cukup diusap perlahan, karena jika terlalu keras dapat menyebabkan layar tertekan dan akhirnya bsia mengalami pecah atau retak.

Gunakan cairan pembersih



Jika ada noda di case, layar ataupun keyboard yang sulit dihilangkan bahkan dengan mengusapnya menggunakan lap microfiber, maka alat terakhir ini merupakan senjata pamungkas para pengguna laptop.


Cairan pembersih khusus yang terbuat dari bahan aktif untuk menjaga laptop Anda tetap bersih. Cairan ini biasanya dilengkapi juga dengan lap microfiber, karena untuk menggunakannya Anda harus menggunakan lap microfiber juga.


Cara membersihkan laptop yang benar menggunakan cairan pembersih ini masih banyak yang tidak mengetahuinya. Bahkan dengan santai cairan ini disemprotkan ke layar dan keyboard. Ini adalah cara yang salah.


Seharusnya cairan tersebut disemprotkan ke kain microfiber. Lalu bagian yang basah dengan cairan tersebut Anda gunakan untuk membersihkan noda yang ada.


Itulah alat-alat pembersih yang wajib dimiliki para pengguna laptop. Menjaga kebersihan laptop juga sama pentingnya dengan menjaga kebersihan Anda sendiri.


Karena studi telah membuktikan, gadget dan barang elektronik seperti laptop dan smartphone bisa dikatakan lebih kotor daripada kamar mandi dan toilet.


Maka dari itu, terapkanlah cara membersihkan laptop yang benar untuk menjaga laptop Anda dan diri Anda sendiri.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url