Mengenal Masalah Hardisk Berbunyi Secara Lengkap

Hardisk tidak selamanya awet, terkadang jika hardisk tersebut sudah tua (sudah lama terpakai) ada suara dan bunyi yang tidak wajar.


Biasanya bunyi Hardisk (HDD) baik internal maupun eksternal yang dikenal adalah tek, tek, tek atau tik, tik, tik atau click, click atau yang paling sering ditemui adalah krek, krek, krek.


Sebenarnya untuk memperbaiki Hardisk yang berbunyi, bisa mengikuti: cara memperbaiki hardisk bunyi krek krek.


Namun jangan salah, karena hardisk normal pun juga memiliki bunyi yang hampir mirip. Maka dari itu perlu dikenali bunyi Hardisk apakah normal atau tidak.


Dikutip dari tiyoareez.wordpress.com, ada beberapa bunyi hardisk yang dapat dikenali apakah hardisk tersebut rusak parah, rusak ringan atau normal, berikut ini beberapa bunyi hardisk yang dapat dikenali.

Beberapa Bunyi HDD yang bisa dikenali:


Sebelum mengenal bunyi hardisk, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu komponen-komponen Hardisk agar tahu apa yang dimaksud nanti.

Komponen komponen Hardisk - masalah hardisk bunyi


Setelah mengetahui berikuti ini beberapa hardisk yang bisa diketahui lewat bunyi-nya.

Hardisk sepi (diam dan blank)


Gejala ini biasanya disebabkan oleh sirkuit yang tidak dapat menyuplai tegangan ke motor drive atau bisa juga karena servonya itu sendiri yang rusak.


Bunyi berdenging terputus-putus dan berulang-ulang


Gejala ini biasanya disebabkan oleh read/write head yang tidak pada tempatnya (tersenggol sedikit) dan menyebabkan goresan pada piringan (disk platter) di dalam hardisk.


Bunyi berdenging normal namun terkadang ada suara lain terputus putus dan berulang


Gejala ini biasanya terjadi karena putus aliran listrik (biasanya karena mati lampu) secara tiba-tiba ketika hardisk sedang melakukan transfer/akses data yang lumayan besar.


Hal ini dapat menyebabkan read/write head menggores permukaan disk platter secara garis lurus yang terkadang dapat menyebabkan tidak terdeteksi.


Bunyi berdenging normal, namun tidak ada suara lain


Jika seperti ini maka hardisk bekerja dengan baik, namun terkadang kemungkinan head tertahan atau macet dengan platter ataupun oleh actuator yang kemungkinan tidak dapat bekerja dengan normal, sehingga hardisk tidak muncul kegiatan seterusnya.


Bunyi berdenging normal, tetapi ada suara lain yang berisik


Gejala seperti ini biasanya karena Cylinder 0 yang tergores dengan melingkar, karena hal tersebut dapat menimbulkan suara berisik. Hal ini yang menyebabkan tidak dapat booting walaupun sebenarnya sudah terdeteksi di BIOS.


Itulah beberapa bunyi yang dapat dikenali ketika hardisk berbunyi secara tidak normal maupun normal.


Untuk melakukan dan mengetahui lebih lanjut mengenai suara hardisk disarankan untuk mengunjungi situs: Hard drive sounds.


Perlu diketahui terlebih dahulu merk serta model hardisk yang dipakai, lalu silahkan kunjungi situs tersebut. Di sana lebih banyak penjelasannya mengenai bunyi-bunyi Hardisk.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url