Tips Gadai Laptop di Pegadaian Jika Dalam Keadaan Mendesak

Di zaman modern ini Laptop adalah salah kebutuhan yang digunakan untuk membantu pekerjaan maupun tugas para pelajar dan mahasiswa. Dalam keadaan mendesak Laptop juga dapat membantu keadaan ekonomi yang sedang memburuk terutama para mahasiswa yang sedang merantau.


Untuk membantu keadaan mendesak, Laptop bisa digadai di pegadaian dengan waktu yang telah ditentukan. Namun sebelum itu harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum Laptop digadai, agar tidak terjadi kesalahan dalam transaksi.

Hal-hal yang harus diperhatikan:

Tips gadai laptop di pegadaian

Pastikan File penting yang ada di Laptop di backup


Pastikan terlebih dahulu apakah file penting (terutama file yang akan digunakan dalam waktu yang dekat) sudah di backup atau belum, jika belum di backup alangkah baiknya untuk membackup file tersebut ke dalam Hardisk Eksternal (HDD ext), Flashdisk, ataupun upload di tempat penyimpanan online seperti drive.google.com.


Hal ini untuk mencegah terjadinya tidak memungkinkan seperti file tiba-tiba hilang, ataupun laptop tidak bisa ditebus kembali. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu file penting harus dibackup sebelum Laptop digadai.

Cek kelengkapan Laptop


Agar proses transaksi gadainya lebih cepat, dan meyakinkan petugas gadai bahwa barang nyata yang dipegang adalah benar-benar miliki kita alangkah baiknya mengecek kelengkapan Laptop apakah lengkap atau tidak, usahkan barang Laptop dalam keadaan lengkap.


Namun jika dirasa tidak lengkap berilah alasan yang baik, jujur, dan logis agar dapat meyakinkan petugas pegadaian.

Melakukan survei


Setelah mengecek kelengkapan Laptop, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah survei baik itu kondisi barang, harga barang maupun prakiraan harga jika barang yang sudah dipakai dalam waktu tertentu.


Tanyalah pada teman ataupun kerabat dekat lalu prakirakan taksiran-nya, hal ini diperlukan untuk mengetahui taksiran yang akan didapat ketika Laptop digadai, selain itu hal ini juga diperlukan agar tidak terjadinya kesalahpahaman dalam mentaksir barang yang akan digadai dengan petugas pegadaian.

Baca teliti syarat dan ketentuan


Baik pegadaian pemerintah, pegadaian swasta, pegadaian syariah maupun pegadaian online masing-masing memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku.


Pastikan sebelum menggadai Laptop, bacalah dan pahamilah terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku agar saat ingin menebus kembali Laptop yang digadai tidak terjadi kesalahan dan buta aturan yang berlaku.


Persiapan dokumen/file penting


Untuk meyakinkan petugas saat menggadai Laptop, pastikan dokumen/file penting harus dibawa seperti

  • KTP/SIM
  • BPKP (jika tidak punya silahkan bertanya kepada petugas, biasanya boleh)
  • Surat Kwitansi pembelian Laptop, hal ini agar cepat diterima dan cepat ditaksir harga Laptop-nya

Setelah melakukan beberapa hal di atas jangan lupa berdoa agar harga Laptop yang digadai sesuai dengan harapan.


Biasanya Laptop yang sering cepat diterima adalah laptop yang diatas core i3. Di bawah itu mungkin masih bisa karena masing-masing pegadaian memiliki standar yang berbeda.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url