Tips Membeli Laptop untuk Kuliah Agar Tidak Salah Beli

Menjadi mahasiswa baru adalah suatu hal yang membanggakan dan menyenangkan. Namun tahukah Anda bahwa dibalik rasa senang tersebut, ada cukup banyak tugas perkuliahan yang menanti untuk diselesaikan.


Saat masih SMA, tidak memiliki laptop tentu bukan menjadi masalah karena hanya beberapa tugas saja yang harus diketik dengan laptop sehingga sebagian besar lebih memilih untuk datang ke warnet. Tapi ketika kuliah, semua berubah drastis dimana semua kegiatan membutuhkan perangkat multimedia seperti laptop.


Bagaimana tidak? Pembelajaran di kuliah sebagian besar menggunakan data power point dan microsoft word.


Mengerjakan laporan, skripsi, presentasi dan semuanya memakai laptop. Belum lagi mencari data atau materi untuk perkuliahan, dimana memerlukan laptop yang terhubung dengan internet.


Jika semua aktivitas tersebut dilakukan di warnet, bisa Anda bayangkan berapa banyaknya uang yang harus dikeluarkan?


Oleh karena itulah mengapa sangat penting membeli laptop untuk kuliah. Berikut ini adalah beberapa Tips membeli laptop untuk kuliah yang bisa Anda terapkan agar tidak salah beli.

Sesuaikan spesifikasi dengan Kebutuhan


Laptop untuk mahasiswa

Tips membeli laptop untuk kuliah selanjutnya adalah sesuaikan spesifikasi laptop dengan kebutuhan Anda.


Mahasiswa dari jurusan design tentu berbeda kebutuhannya dengan mahasiswa jurusan sastra. Mahasiswa sastra memakai laptop hanya untuk mengetik, menyimpan data atau mengerjakan tugas-tugas yang tidak memerlukan laptop berspesifikasi tinggi.


Sementara mahasiswa desain memerlukan laptop dengan spesifikasi yang mumpuni untuk menunjang pembelajarannya.


Oleh karenanya, sebelum membeli Anda pertimbangkan terlebih dahulu untuk apa laptop tersebut. Jangan sampai laptop yang sudah Anda beli justru mubazir dan tidak terpakai.

Pilih laptop yang memiliki baterry tahan lama


battery

Tips membeli laptop untuk kuliah agar tidak salah beli yang pertama adalah pilihlah laptop yang memiliki baterai tahan lama.


Seperti yang diketahui, listrik adalah sumber energi laptop yang paling utama. Biasanya, para mahasiswa memakai laptop dengan terburu-buru atau mendadak sehingga tidak begitu mempedulikan apakah tempat yang dituju memiliki stop kontak untuk dijadikan sebagai sumber listrik atau tidak.


Dampak terburunya adalah baterai laptop drop padahal laptop masih harus dipakai untuk melakukan suatu hal.


Oleh karena itu, sebelum Anda membeli laptop maka pastikan bahwa laptop yang dipilih memiliki baterai yang awet sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama meskipun tidak di charger.

Pilih merk yang laris


merk yang laris

Tips selanjutnya adalah pilihlah laptop yang namanya sudah laris di pasaran. Logikanya semakin banyaknya jumlah pengguna merk tersebut maka bisa diartikan bahwa laptop tersebut memang berkualitas baik dan bisa dipercaya.

Pilih desain 


Ada banyak sekali desain laptop yang dipilih mulai dari laptop berukuran 13 inch hingga 15 inch. Biasanya, para mahasiswa suka dengan laptop yang memiliki desain keren serta warna-warna yang cantik dan dinamis.


Desain laptop yang paling banyak dipilih para mahasiswa adalah laptop dengan bodi slim. Karena selain terlihat menarik dan elegan, laptop slim juga tidak akan memberatkan Anda saat membawa laptop kemana dan kapan saja.

Sesuai dengan budget


sesuaikan budget

Seperti yang diketahui, ada banyak sekali laptop yang dijual sekarang ini. Ada yang murah dan adapula yang mahal.


Harga laptop tersebut memang disesuaikan dengan komponen hardware dan software yang ditanamkan di dalam laptop.


Agar tidak kecewa nantinya, pilihlah laptop yang menawarkan kualitas tinggi. Jadi jangan tergiur hanya karena harganya yang murah. Karena dalam memilih laptop, kualitas spesifikasi haruslah benar-benar dipertimbangkan.

Service Center dekat kampus


service center yang dekat

Tips membeli laptop untuk kuliah yang terakhir adalah pilihlah laptop dengan kantor service center yang dekat dengan kampus.


Dengan begitu, saat terjadi kerusakan Anda tidak akan kebingungan harus memperbaikinya kemana. Apalagi jika laptop masih bergaransi, maka besar kemungkinan laptop Anda akan diperbaiki secara gratis.

Kapasitas penyimpanan


Pada sebagian mahasiswa, laptop seringkali dipakai untuk menyimpan data-data yang besar. Oleh karena itu, saat membeli laptop untuk keperluan kuliah, sangat dianjurkan untuk Anda memeriksa spesifikasi laptop terkait dengan kapasitas penyimpanan.


Karena masing-masing laptop dengan merk berbeda, biasanya menyediakan kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda pula.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url