Tips Memilih Hardisk Eksternal yang Tahan Lama

Bagi beberapa kalangan yang pekerjaan atau proyeknya membutuhkan banyak media penyimpanan, menggunakan penyimpanan dalam komputer saja tidaklah cukup.


Karena itu, terkadang dibutuhkan media penyimpanan lain seperti hardisk drive (HDD) eksternal. Sayangnya, tidak semua orang bisa memilih HDD yang mereka butuhkan dengan tepat. Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa tips memilih hardisk eksternal yang bisa dijadikan sebagai panduan.

Tips Memilih Hardisk Eksternal yang Tahan Lama

Bagi Anda yang kesulitan dalam memilih hardisk eksternal, Anda tidak perlu khawatir. Berikut panduan Memilih Hardisk Eksternal yang Tahan Lama yang bisa Anda ikuti:

Perhatikan sistem operasi HDD


Tips memilih hardisk eksternal yang pertama adalah memperhatikan sistem operasi dari HDD eksternal tersebut.


Produk HDD yang dipasarkan memiliki spesifikasi sistem operasi yang belum tentu sama. Karena itu, Anda perlu mencocokkan apakah sistem operasi pada HDD sudah sesuai dengan yang dibutuhkan. Beberapa produk hardisk eksternal memang menciptakan lebih dari satu platform.


Namun, terkadang satu dari kedua sistem tersebut memiliki kekurangan seperti tidak bisa dimanfaatkan untuk mengedit atau lainnya dibandingkan sistem lainnya.


Periksa ketersediaan fitur backup dan keamanan yang dibutuhkan


Fitur yang sering dicari oleh para pembeli produk HDD antara lain adalah password protection dan backup. Mereka yang membeli HDD dengan tujuan sebagai media penyimpanan data penting harus mempertimbangkan ada tidaknya fitur di atas.


Dengan begitu, mereka tidak akan rugi atau sia-sia memilih produk. Jika ada fitur lain yang dibutuhkan, jangan segan untuk menanyakannya kepada penjual.

Pilih HDD dengan kapasitas yang dibutuhkan


Kapasitas pada HDD juga merupakan salah satu aspek utama yang diperhatikan oleh konsumen. Saat membeli secara online maupun offline, pemasar biasanya akan menawarkan produk HDD dengan berbagai macam kapasitas mulai dari 500 MB hingga sekian TB.


Konsumen atau pelaku bisnis biasa pada umumnya tidak perlu mempermasalahkan kapasitas dan bisa memilih HDD dengan kapasitas hingga 4 TB. Namun, bagi profesi seperti desainer grafis atau lainnya yang berkaitan dengan penggunaan file high definition,


HDD berkapasitas yang lebih besar tentu sangat penting. Satu hal yang juga penting berkaitan dengan kapasitas adalah bahwa space yang bisa digunakan selalu sekian ratus MB dibawah kapasitas yang dipasarkan. Hal ini karena space tersebut digunakan untuk pre-instal software.

Perhatikan layanan garansi dari HDD yang akan dipilih


Selain kapasitas, Anda juga perlu memperhatikan layanan garansi untuk hardisk drive yang ingin dibeli.


Salah satu tips memilih hardisk eksternal ini dianggap penting karena terkadang ada beberapa kasus kerusakan hardisk meskipun belum lama dibeli.


Karena ada kerusakan hardisk belum lama setelah pembelian bukan merupakan hal yang tidak mungkin, akan lebih lega apabila Anda mendapatkan jaminan garansi.


Jadi, jika selama masa garansi hardisk rusak, Anda bisa mendapatkan layanan perbaikan atau lainnya secara gratis. Tentu saja jika kerusakan yang diakibatkan sesuai dengan ketentuan pihak produsen.

Periksa atau tanyakan koneksivitas dan performance HDD yang dipilih


Banyak orang yang belum tahu bahwa performance dan konektivitas juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan ketika membeli hardisk drive eksternal.


Pada produk-produk HDD yang dijual, ada beragam pilihan konektivitas. Koneksi Port USB 3.0 lebih cepat dibandingkan dengan USB 2.0.


Kini, beberapa PC telah menggunakan koneksi port thunderbolt yang memiliki kecepatan dua kali lipat dari USB 3.0. Sayangnya, produk dengan fitur seperti ini juga tidak murah.

Pertimbangkan harga dari HDD yang dipilih


Aspek penting lain yang juga diperhatikan konsumen adalah harga dari produk HDD itu sendiri. Semakin besar kapasitas dan bagus kualitas dari hardisk eksternal tersebut, semakin mahal pula harganya. Jadi, Anda juga bisa mempertimbangkan hardisk yang sesuai dengan budget.

Pikirkan After Sales


Tips yang terakhir adalah memikirkan after sales dari produk hardisk drive yang Anda beli. Produsen ternama dan memiliki reputasi yang baik biasanya memiliki layanan atau servis yang lebih baik. Jadi, pastikan Anda memilih produk dari produsen yang tepat.


Demikian beberapa tips memilih hardisk eksternal yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Semoga informasi ini bermanfaat.


Jika sewaktu-waktu Hardisk Eksternal tidak terbaca ataupun minta format, anda bisa mengikuti: memperbaiki hardisk eksternal minta format dan tidak terbaca.




Share this with short URL: Get Short URL
loading short url