Cara Edit File Hosts di Windows Hanya Sekali Klik


Banyak manfaat file hosts yang sering digunakan banyak orang, dimulai dari memblokir suatu website, hingga dapat bisa menembus dan memasuki web yang diblokir oleh pemerintah.


Selain kedua hal tersebut, file hosts ini juga sering disalahgunakan untuk memblok web registrasi agar tidak dapat mengakses situs registrasi yang dirujuk.


File Hosts letaknya berada di sistem operasi (C:), yang artinya untuk mengedit file ini dibutuhkan hak akses penuh (akses admin) agar bisa leluasa untuk mengedit file ini.


Sayangnya, walaupun mendapatkan hak akses admin namun terkadang file hosts ini tidak bisa di edit, bahkan muncul pesan "file access denied".


Kejadian ini biasanya terjadi pada pemakai windows, baik windows 7, 8, dan windows 10.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini, mulai dari menggunakan notepad+++ hingga mengedit user admin. Untuk menggunakan Notepad++ harus install software, dan akan memakan memori.


Untuk mengedit user admin, agak ribet untuk melaksanakannya. Namun ada salah satu cara lagi yang bisa dilakukan dengan hanya sekali klik saja tanpa alat bantuan apapun, kecuali dengan sebuah file yang tealh dirpgraom untuk mengakses file yang tidak bisa diedit.


Bagaimana cara mengedit file hosts di windows 7, 8 dan windows 10 hanya sekali klik saja?


Berikut ini caranya:


  1. Install terlebih dahulu Takeownership
  2. Tekan tombol di keyboard logo windows+R
  3. Lalu ketik  C:\Windows\System32\drivers\etc\ di dialog run
  4. Setelah itu edit hosts dengan cara klik kanan lalu pilih Takeownership
  5. Sekarang klik kanan kembali pada file hosts pilih open dan pilih notepad
  6. Terakhir tinggal diedit dan di save

Itulah bagaimana cara mengedit hosts di seluruh windows baik yang lama maupun yang baru tanpa harus menggunakan software.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url