Cara Mengatasi Windows Error Recovery Saat Dihidupkan

Windows Error Recovery failed to start, salah satu error di sistem operasi yang sering ditemui pengguna windows terutama pada pengguna windows 7 dan laptop acer saat dihidupkan.


Sebenarnya pesan error ini adalah upaya Microsoft untuk memberi arahan dan bantuan kepada pengguna windows, karena Windows Error Recover ini muncul ketika komputer/laptop mati secara mendadak, lebih spesifiknya aliran listrik mati secara tiba-tiba.


Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sistem operasi yang lebih parah, maka pesan error ini muncul sebelum masuk ke windows.


Ketika pesan error ini terjadi di komputer/laptop hal pertama yang harus dilakukan jangan panik, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk masuk ke windows.

Lalu bagaimana cara mengatasi windows error recovery tanpa cd  dan tanpa install ulang untuk masuk ke windows?


Memperbaiki windows error recovery saat dihidupkan

Untuk memperbaiki error ini, sebenarnya sangat mudah jika tidak terjadi berulang kali dan sistem operasi tidak mengalami kerusakan yang parah, tinggal klik start windows normally.


Namun yang perlu diketahui bawah ketika hal ini terjadi loading masuk ke windows agak lebih lama dibandingkan sebelumnya hal ini karena proses untuk membaca data agak sedikit rusak karena arus listrik tiba-tiba mati.


Jika dirasa error ini cukup parah yang kadang-kadang menampilkan pesan ini, berikut ini caranya:

Mengatasi windows error recovery

  1. Klik Launch startup repair (reccomended)

  2. repair windows

  3. Pilih Startup Repair
  4. Tunggu hingga windows repair dan restart sendiri nanti akan masuk sendiri ke windows

Masih tidak bisa? jika masih tidak bisa dan kendalanya adalah startup repair tidak bisa digunakan maka pilihlah Command Prompt, lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini


  1. Ikuti langkah-langkah di atas
  2. Lalu buka Command Prompt (CMD)
  3. Ketik perintah: bcdedit /set {current} bootstatuspolicy ignoreallfailures
  4. Usahakan perhatikan spasi nya lalu enter
  5. Tekan restart

Masih belum bisa? Jika masih belum bisa lebih baik untuk install ulang dengan catatan hanya memformat sistem (di label C:) saja untuk menghindari penghapusan data penting di label hardisk lainnya.


Itulah bagaimana caranya untuk mengatasi windows error recovery saat dihidupkan


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url