Mengatasi The File or Directory is Corrupted or Unreadable

The File Or Directory Is Corrupted Or Unreadable sering terjadi pada Hardisk internal, Eksternal maupun pada Flashdisk. Jadi error ini membuat Hardisk internal yang terdeteksi tidak bisa dibuka, error ini juga terjadi pada Hardisk Eksternal serta Flashdisk.

Pesan error ini kurang lebih:

Location is not available E:\ is not accesible the file or directory is corrupted or unreadable

E:/ adalah nama volume Hardisk, jadi nama volume ini berbeda di komputer/laptop masing-masing.


Pada Hardisk Eksternal biasanya hal ini terjadi karena ketidaksengajaan pemakai yang menyenggol kabel USB (kabel sambungan dari eksternal ke laptop/komputer) hingga menyebabkan copot.


Hal ini membuat hardisk eksternal menjadi rusak, pun juga demikian pada Flashdisk yang tidak sengaja tersenggol namun yang paling sering ditemui di Hardisk Eksternal.


Perlu diperhatikan pesan error-nya karena ada juga hardisk eksternal maupun internal yang tidak terbaca dengan pesan error yang berbeda.


Jika mengalami Hardisk eksternal tidak terbaca dengan pesan error yang berbeda bisa mengikuti: cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak bisa dibuka karena minta format terus di komputer.


Sedangkan untuk memperbaiki hardisk internal yang tidak terbaca dimana baru pertama kali install windows bisa mengikuti: memperbaiki hardisk internal tidak terbaca.


Lalu bagaimana dengan yang ini? kalau yang satu ini jadi hardisk internal maupun eksternal terbaca namun tidak bisa diakses, dan mengeluarkan pesan error "The File or Directory is Corrupted or Unreadable".

The File or Directory is Corrupted or Unreadable

Lalu bagaimana cara memperbaiki The file or directory is corrupte or unreadable pada Hardisk, Hardisk Eskterna maupun Flashdisk?


Untuk memperbaikinya berikut ini caranya:


Buka command prompt

  1. Tekan tombol windows logo+ R di keyboard
  2. Ketik CMD

  3. Scan hardisk untuk memperbaikinya

  4. Lalu ketik perintah Chkdsk /f D:
  5. Tunggu beberapa saat, lalu bukahlah kembali

Catatan: D: adalah volume label pada hardisk, gantilah dengan volume label hardisk anda yang bermasalah.


Setelah mengikuti langkah tersebut dan masih tidak bisa cobalah restart komputer/laptop lalu ulangi langkah-langkah di atas.


Itulah bagaimana cara mengatasi The File or Directory is Corrupted or Unreadable, setelah berhasil usakan jagalah hardisk dengan baik agar tidak cepat corrupt dan agar panjang umur.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url