Perbedaan Processor Intel Core I3, I5, Dan I7

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, keberadaan komputer memang tidak bisa dielakkan lagi. Pasalnya hampir semua orang menggunakan komputer atau laptop untuk menunjang aktivitasnya.


Berbicara mengenai komputer, tentunya tidak terlepas dari keberadaan processor intel. Yang menjadi pertanyaan adalah apa itu processor intel? processor intel adalah merupakan merek pertama CPU desktop.

Kelebihan dan Kekurangan Processor Intel Core I3, I5, Dan I7


Seperti yang diketahui bahwa saat ini ada cukup banyak merk CPU, tapi merk Intel lah yang paling populer diantara yang lain.


CPU buatan Intel juga dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Namun memang, harganya tersebut sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.


Bagi Anda yang belum begitu mengerti, processor adalah otak dalam sistem yang menerima instruksi dari user (manusia) untuk memproses hingga akhirnya meneruskannya ke komponen hardware lainnya.


Processor bisa dianalogikan seperti sistem otak pada manusia. Jadi saat manusia hendak melakukan suatu aktivitas, maka otak akan memberi sinyal kepada bagian tubuh lain untuk melakukan aktivitas yang dimaksud.


Jadi, kini Anda sudah memahami Apa itu processor intel? processor intel adalah otak komputer atau laptop. Apabila Anda hendak membeli sebuah laptop atau komputer maka spesifikasi processor adalah hal yang harus dipertimbangkan secara matang.


Pasalnya kemampuan perangkat komputer, bisa dilihat dari processor seperti apa yang dipakai. Saat ini, ada banyak jenis processor yang beredar di kalangan masyarakat.


Tapi yang paling banyak dicari adalah produk intel yakni Core I3, I5 dan I7. Mungkin banyak dari Anda yang masih bingung apa yang dimaksud dengan core, dan apa saja perbedaan ketiga produk intel tersebut.


Sederhananya, core adalah suatu proses instruksi yang bisa dijalankan oleh processor. Yang dimaksud dengan core i3, i5 ataupun i7 bukan berarti CPU tersebut memiliki 3 buah processor, 5 processor atau 7 processor. Tapi hal ini berkaitan dengan ghz, clockspeed, memory support dan cache yang bisa diproses hanya dalam satu waktu.


Yang membuat banyak orang tertarik adalah mana yang harus dipilih? Intel core i3, i5 atau i7? Jika dilihat dari spesifikasinya, core i7 adalah pemenangnya.


Core i7 merupakan sebuah processor yang masuk dalam kategori kelas atas atau High-end. Processor ini memiliki spesifikasi yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan intel Core i3 dan juga i5.


Bagi Anda yang sedang mencari laptop atau komputer berspesifikasi tinggi dan super cepat maka core i7 adalah pilihan terbaik. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan intel core i3, i5 dan i7 yang perlu Anda ketahui.

Perbedaan Processor Intel Core I3, I5, Dan I7

Core i3


Keunggulan Core i3 adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan processor core i5 dan i7. Processor ini sangat cocok untuk digunakan sehari-hari sebab tidak terlalu banyak mengambil sumber daya listrik.


Jadi Anda yang menggunakan komputer hanya untuk mengetik, browsing, Edit video, edit Foto, dan bermain game kelas menengah, bisa menggunakan core i3 sebagai pilihan.


Processor ini juga sudah didukung dengan Virtualizing Tecnology yang dipadukan dengan GPU sehingga bisa beroperasi lebih cepat.


Meskipun demikian, processor i3 tentu memiliki kekurangan. Kekurangan Core i3 adalah dapat mengeluarkan hawa panas jika melakukan pekerjaan yang berat dan tidak support dengan teknologi Hyper-Treading.

Core i5 


Keunggulan Core i5 adalah adanya Turbo Boost Technology. Dengan teknologi ini, pengguna bisa menambahkan kecepatan Processor sampai dengan batas frekuensi yang maksimal.


Processor ini juga disempurnakan dengan 6 MB L3 Cache yang lebih tinggi dibandingkan dengan core i3 yang hanya 4 MB. Sehingga membuat responsifitas processor Core i5 jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Core i3.


Panas yang dihasilkan core i5 juga lebih sedikit daripada core i3. Kekurangan core i5 adalah kemampuannya yang lebih mengunggulkan proses perintah yang lebih sedikit.


Processor ini lebih cocok bagi Anda yang menggunakan laptop atau komputer untuk software-software berat mulai dari pembuatan animasi, 3D, desain dan lain sebagainya.

Core i7


Kelebihan dan kekurangan core i7 adalah yang paling banyak menyita perhatian masyarakat. Pasalnya processor ini memang yang paling tinggi di kelasnya.


Dimana Core i7 adalah yang terbaik jika dibandingkan dengan Core i3 dan i5. Keunggulan Core i7 adalah adanya teknologi Hyper-Threading yakni kemampuan yang mampu memproses 2 Thread core secara bersamaan.


Core i7 dirancang dengan 8 Core, lain halnya dengan generasi sebelumnya yang hanya mempunyai 4 Core. Processor canggih ini juga mempunyai L3 Cache 8 MB.


Melihat spesifikasinya tersebut, tidak mengherankan jika Processor buatan Intel yang satu ini dapat digunakan untuk aktivitas digital berkapasitas super besar seperti Rendering, 3D Animation, Video Editing, dan lain sebagainya.


Menariknya lagi, core i7 juga sudah dilengkapi dengan Intel QuickPath Interconnect sehingga dapat mempercepat proses dalam pembacaan data sampai dengan 25.6 GB / detik.


Jika berbicara tentang harga, jelas bahwa core i7 jauh lebih mahal dibandingkan dengan core i5 dan i3.

Jadi pada dasarnya, penggunaan processor bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan dana Anda. Jika Anda membutuhkan komputer berkecepatan tinggi dan tangguh maka core i5 dan i7 adalah pilihan yang paling tepat meskipun memang harganya cukup mahal.


Tapi jika Anda membutuhkan komputer hanya untuk proses yang ringan maka  memilih core i3 sudah lebih dari cukup.


Kini, Anda sudah memahami Apa itu processor intel? processor intel adalah komponen utama yang membuat komputer bisa beroperasi.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url