10 Cara Membedakan Flashdisk Palsu atau Asli yang Benar

Ketika membeli barang elektornik salah satu hal yang perlu dipertanyakan adalah apakah barang tersebut palsu atau asli, mengingat jaman sekarang banyak beredarnya barang elektornik yang KW dan palsu.


Maraknya barang palsu juga sering terdengar ketika membeli Flashdisk, banyak pembeli mencurahkan isi hatinya di medsos maupun di blog-nya bahwa Flashdisk yang dibeli tidak sesuai dengan dedskripsinya


Di katalog tertera kapasitasnya 1TB dan harganya murah meriah. Namun ketika dipakai ternyata flashdisk tersebut KW alias palsu, yang seharusnya kapasitasnya 64GB menjadi 20GB saja.


Hal ini perlu diwaspadai karena secara material merugi. Untuk itu perlu hati-hati ketika membeli Flashdisk.


Oknum-oknum yang menyebarkan flashdisk palsu biasanya menargetkan ke brand yang memiliki pembeli yang banyak seperti Toshiba, Sandisk, Sony, Kingstons, dsb.

Apa ciri-ciri flashdisk palsu?
  • Kapasitasnya tidak sesuai dengan keterangan yang ada di website resmi dari Flashdisk tersebut. Ccontoh 64GB, ternyata aslinya 1GB
  • Suka minta format
  • Data rusak tanpa sepengatahuan pemilik Flashdisk
  • Terkadang beberapa data hilang sendiri tanpa sepengathuan pemilik Flashdisk

Lantas bagaimana cara membedakan flashdisk palsu dan asli?


10 Cara Membedakan Flashdisk Palsu atau Asli yang Benar

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika ingin membeli flashdik agar tidak tertitup dengan flashdisk KW. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

Bentuk Ukuran dan berat


Silahkan diperhatikan dan diteliti bentuk ukuran flashdisk asli dengan kw, biasanya KW ukurannya terlihat kecil.


Jika masih bingung cobalah cocokan berat flashdisk dengan berat yang tertulis di kemasan flashdisk, biasanya dikemasannya tertulis berat Flashdisk.

Posisi Flashdisk


Perhatikan dan dilihat secara teliti, biasanya Flashdisk palsu ketika dicolok agak sedikitb bahkan sangat bengkok ke bawah sedangkan flashdisk yang asli posisinya lurus

Proses Pengiriman Data


Cek di kemasan Flashdisk, di sana akan terlihat seberapa cepat pengiriman data flashdisk, lalu cocokan ketika anda mengirim data ke flashdisk apakah lebih lama atau stabil, jika lebih lama kemungkinan flashdisk tersebut palsu.

Kapasitas flashdisk


Perhatikan dan dilihat secara teliti untuk mengecek kapasitas flashdisk di kemasan dengan kapasitas yang tertera di komputer/laptop jika tidak sama maka flashdisk tersebut palsu

Harga Flashdisk


Harga Flashdisk asli (original) harganya terbilang cukup mahal sedangkan flashdisk palsu (abal-abal) harganya terjangkau bahkan ada jauh lebih hemat dari kata terjangkau. Misalkan Flashdisk 64GB seharga 150 ribu lalu ada yang jual flashdisk 64Gb dengan merk yang sama dengan harga 30 ribu.

Flashdisk palsu sulit terdeteksi


Biasanya flashdisk palsu sering mengalami masalah, ketika baru dibeli salah satunya adalah sulit dibaca dan dideteksi oleh komputer/laptop

Data sering rusak dan bahkan hilang sendirinya


Jika ada data yang tiba-tiba rusak dengan sendirinya dan bahkan ada yang hilang tanpa sepengetahuan artinya bahwa flashdisk tersebut palsu, karena memiliki kapasitas yang tidak sesuai dengan aslinya yang mengakibatkan data menjadi rusak karena kelebihan dari kapasitas flashdisk palsu tersebut

Garansi


Biasanya penjual flashdisk palsu, tidak menyediakan garansi agar mereka tidak rugi ketika menjualnya, jadi cobalah tanyakan garansi-nya

Bagaimana mengecek flashdisk palsu?

Di atas tersebut, perbedaan flashdisk palsu dengan yang asli tidak cukup akurat. Agar lebih akurat anda harus mengecek dengan beberapa tips yang akan diberikan di bawah ini, berikut ini caranya:

Menggunakan software h2testw


Software ini akan scan seluruh flashdisk, jadi nanti akan terdeteksi berapa kapasitas flashdisk. Untuk menginstall software ini bisa mengunjungi h2testw.

Scan dengan CHKDSK


Jika tidak ingin menginstall h2testw bisa mengecek dengan CMD melalui perintah CHKDSK. Untuk melakukannya bisa mengikuti; cara memperbaiki flashdisk minta format dan tidak terbaca.


Itulah bagaimana cara membedakan Flashdisk palsu dengan yang original. Jika ada tips yang lain silahkan berkomentar di postingan ini.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url