Cara Memperbaiki Port USB Tidak Berfungsi yang Ampuh

Ketika Flashdisk ataupun Hardisk Eskternal di colok kadang-kadang Flashdisk ataupun Hardisk Eksternal mengalami masalah, yakni tidak terbaca di Laptop/Komputer.


Hal ini biasanya dikarenakan ada kerusakan pada internal (bukan perangkat-nya) Hardisk Eksternal/Flashdisk yang membuat tidak terbaca di Laptop.


Jika Flashdisk/Hardisk Eksternal tidak terbaca, janganlah panik terlebih dahulu apalagi dibuang karena Flashdisk/Hardisk External yang rusak tidak terbaca bisa diperbaiki jika kerusakan tersebut tidak parah dan kerusakan tersebut adalah keruskaan internal.


Jika Hardisk External tidak terbaca bisa mengikuti: Cara Memperbaiki Hardisk External tidak terbaca minta format.


Sedangkan untuk memperbaiki Flashdisk tidak terbaca bisa mengikuti: Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak terbaca yang Ampuh.


Jika sudah mengikuti tutorial tersebut namun masih tidak terbaca kemungkinan kerusakan tersebut bukan terjadi pada internal melainkan dari salah satu komponen yang ada di Laptop/komputer, yakni Port USB.


Port USB (lubang) di laptop/komputer salah satu komponen yang penting untuk menyambungkan perangkat eksternal ke dalam laptop/komputer seperti LAN untuk internetan, Mouse, Keyboard External, Hardisk Eksternal, Flashdisk, Memory Card, dsb.


Untuk itu jika port usb tidak berfungsi dengan baik maka komponen eksternal tidak akan bisa terbaca di Laptop/Komputer.


Memperbaiki kerusakan port usb tidak berfungsi bisa dilakukan jika kerusakan tersebut tidak parah dan bukan terjadi pada perangkatnya.


Untuk langkah awal jika mengalami port usb tidak berfungsi, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu internal-nya apakah memang terjadi kesalahan internal atau kerusakan hardware (perangkatnya).


Untuk mengecek dan memperbaiki port usb tidak berfungsi internal berikut ini caranya:

Pindahkan komponen eksternal ke port USB lain


Cara Memperbaiki Port USB Tidak Berfungsi yang Ampuh

Untuk mengecek apakah port usb tidak berfungsi karena perangkatnya cobalah mencoba untuk memindahkan komponen eksternal (flashdisk, Hardisk Eksternal, dsb) ke port USB (lubang) lain.


Jika bisa artinya USB port yang tidak bisa tersebut, kemungkinan perangkatnya sudah tua ataupun sudah rusak. Namun sebaliknya jika masih tidak bisa juga cobalah cek settingan BIOS.

Cek Settingan USB di BIOS


Mungkin saja tidak sengaja ataupun sengaja pernah mengubah settingan usb di bios. Untuk masuk ke BIOS, ketika sedang menghidupkan laptop/komputer dengan kedaaan layar hitam, segeralah untuk menekan Del atau F2 di keyboard secara terus menerus sebelum proses booting.


Setelah itu, cari konfugrasi dibagian PORT USB dan ubah menjadi Enable, jika masih bingung dan kesulitan dalam hal ini, coba lakukan default setting pada BIOS.


Scan Antivirus


Jika ternyata sudah enable di BIOS,  dan masih tetap tidak bisa cobalah untuk scan Komputer/Laptop mungkin saja ada virus yang dapat mematikan port USB agar tidak bisa memasukan perangkat Eksternal.

Masih tidak bisa?

Cek Driver USB


Jika masih tidak bisa juga mungkin saja driver USB di Laptop/Komputer mengalami kerusakan atau mungkin disebabkan karena virus, untuk mengecek driver USB berikut ini caranya:

membuka device manager secara cepat


  1. Tekan tombol logo windows+R
  2. Setelah itu ketik perintah: mmc devmgmt.msc

memperbaiki port usb tidak terbaca

  1. Cari bagian tulisan "Universal Serial Bus Controller" lalu klik kanan pada tulisan tersebut
  2. Setelah itu pilih "Sacn for Hardware Change"
  3. Restart Laptop

Masih tidak bisa? Buka Device Manager lagi seperti yang dilakukan di atas, lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tekan tombol logo di keyboard windows+R
  2. Lalu ketik perintah: mmc devmgmt.msc
  3. Klik simbol ">" atau "+"
  4. Setelah itu lihat apakah ada tanda seru kuning atau tidak. Jika ada, klik kanan dan uninstall semua tanda yang berwarna kuning tersebut
  5. Restart Komputer/Laptop nanti akan terdeteksi sendiri Hardware-nya

Jika masih mengalami masalah langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek driver kembali dengan driver pack solution.

  1. Install Driver pack solution
  2. Setelah itu scan Driver USB


Masih tidak bisa? Mungkin memang benar Perangkat Port USB yang tidak berfungsi bukan dari internalnya.


Itulah bagaimana cara memperbaiki port usb tidak berfungsi yang bisa diterapkan untuk pertolongan pertama jika kerusakan tidak terlalu parah.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url